Posted in Cerita Hidup, Nasib Gadis di Rantau Orang

Cerita Saya dengan ODOJ (One Day One Juz)

Qur'an Kyky

Pertama ditawarin untuk gabung ke grup One Day One Juz oleh salah satu sahabat saya, saya ragu. Akhir tahun ini pekerjaan saya padat merayap,, wiken suka masuk kerja,, hidup berasa zombie, hahaa.. Tapi… saya berpikir lagi, masa tawaran akhirat saya tolak? Akhirnya dengan mengucap Bismillah, saya mengatakan bersedia untuk gabung ke grup tersebut.

Selang beberapa hari tidak ada kabar, tiba-tiba grup yang dinanti masuk ke dalam daftar Whatsapp saya..”criiing!”

Aaaaaaa….deg deg deg deg deg… duh, siap gak yah? siap gak yah? siap gak yah? degup jantung berdetak cepat.. udah macam ketemu orang yang disukai aja😄

Saya terdaftar di grup One Day One Juz #99, yang diberi nama ODOJ Asma’ul Husna.. Perkenalanpun dimulai oleh admin yang mengundang saya ke dalam grup ini. Waaaa.. isi grup saya kebanyakan sudah menikah, profesi ibu rumah tangga, kebanyakan usianya gak jauh dari saya.. minder TINGKAT DEWA!!! karena belum menikah. :p

Hari pertama tilawah satu juz rasanya semangat! karena emang dasarnya saya suka tantangan, jadi saya skip beberapa aktivitas yang gak penting, mulai dari bergosip dengan anak kosan lepas kerja, sampai memutuskan untuk tidak ikut kegiatan Outing Kantor ke Bali, hahaha… saya cuma kasih alasan karena kerjaan saya banyak sekali (emang bener sih!) walau sebenarnya saya khawatir juga gak bisa tilawah disana.. sampe-sampe salah satu kepala seksi di kantor saya nyeletuk, “Di Bali banyak maksiat yah ky?” hahahaa… itu juga gegara ibunya tahu saya lagi punya target hapalan😄

Hari ketiga, keempat mulai merasa terintimidasi.. tekanan aktivitas kantor yang begitu kuat, pergi pagi pulang malam, grup ODOJ menambah tekanan batin saya, hahaha..

Gimana gak?! Pagi-pagi buta di grup saya sudah ada yang laporan sudah menyelesaikan tilawah satu juz… padahal saya baru saja bangun dan siap-siap kerja.. siang hari makin banyak yang laporan kalau sudah selesai, sedangkan saya lagi inspeksi di lapangan, makin sore makin banyak… bahkan ada yang menyelesaikan 2-3 juz, mengambil jatah teman yang sedang haid.. dan saya baru bisa memulai tilawah ba’da maghrib di kantor😄

Awalnya sempat khawatir kalau tilawah di kantor, mengingat perusahaan tempat saya bekerja dominan non muslim, kemudian musholla kantor dekat ruang direktur, dan direkturnya suka pulang malam, khawatir terganggu dengan suara tilawah saya… tapi makin kesini makin cuek ajah.. yang penting tilawah 1 juz saya selesaaaaii!!!😄

Awal tilawah, saya kebagian mulai dari juz 1. Pas banget! karena sebelum masuk grup ODOJ, saya memang belum lama ini khatam.. cuma belum mulai-mulai aja tilawahnya karena sibuk, jadi grup ODOJ saya jadikan momen untuk mengonsistenkan diri. ^_^

Surah Al Baqarah dan Ali Imran banyak banget mengulas tentang orang-orang kafir, kaum Yahudi, Majusi dan Nasrani. Saya sempat khawatir juga bacanya kalau di kantor, apalagi sahabat saya di kantor memang non muslim semua. Akhirnya setiap ayat yang mengulas kaum-kaum tersebut, saya baca dengan suara pelan. Gak jarang juga saya tilawah di tengah-tengah kemeriahan musik Natal.. maklum, area kerja saya seputar gedung tinggi dan mall..😄

Oyah, sejak masuk grup ini juga, saya jadi rajin tilawah *yaiyalaaah! Segala waktu luang saya pakai buat menyelesaikan jatah tilawah 1 juz saya.. nunggu busway, dalam busway (cuma nunggu kopaja dan naik kopaja aja yang gak! XD),  nunggu dokter, nunggu teman, pulang les tahsin, bahkan di sela-sela jalan kaki pulang kantor, saya numpang duduk sebentar di taman perkantoran untuk tilawah barang 1-2 lembar. Dan mau makan malampun saya selesaikan dulu jatah 1 juz, walaupun alhasil makanan saya dingin dan jam menunjukkan pukul 21.00 (padahal jarang banget makan jam segitu! hahaa..)

Kalau tilawah bari makan malam di kosan, saya permisi dulu sama teman-teman di kosan yang beragama non muslim..

Kemarin abis bete sama kerjaan dan atasan, saudari liqo saya malah nyeletuk, “Kamu harusnya tilawah 2 juz buat usir setan bete seharian! hahaha..” sambil ketawa. Dan akhirnya jadi kenyataan, saya dikasih lelangan tilawah tambahan 1/2 juz, hahaha..

Subhanallah yaa… ODOJ benar-benar mengubah ritme hidup! Kalau dipikir-pikir, saya kan dulu sempat punya cita-cita pingin khatam 9 kali kalau hamil nanti.. dan kayaknya ini dikasih latihan deh sama Allah…!😄

Aaah…semoga saya bisa istiqomah sampai akhir hayat.. aamiin aamiin aamiiinn!!

Author:

Life is adventure, fun and fabulous

12 thoughts on “Cerita Saya dengan ODOJ (One Day One Juz)

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s