Posted in Cerita Hidup, Nasib Gadis di Rantau Orang

Tuntutlah Ilmu Hingga ke Negeri Cina (beneran)

Hari ini saya dapet teman baru, namanya Agnes, kerja di bank milik grup perusahaan tempat saya bekerja. Agnes asli Palangkaraya, tapi besar di Surabaya.

Awalnya saya pede jaya manggil dia “cici”.. abisnya perawakannya kurang lebih seperti saya, yaa paling seusia atau di atas dikit. Tapi ternyata salah, sodara-sodara! Hahaha.. Dia 2 tahun lebih muda dari saya!! *tepok jidat!

Hari ini saya, cici, dan Agnes pergi makan siang bareng. Kami banyak ngobrol-ngobrol. Tapi agak lebih sebal kalau tiba-tiba cici dan Agnes berbahasa mandarin ria.. huwee.. saya roaming internsional, bo!

Abis makan kami jalan-jalan bentar liat pakaian.. ups! Ketauan deh kalo makannya di Pacific Place *basement :p

Cici dan Agnes lagi cari baju untuk acara “过年” (Guo Nian). “Hah, Apaan tuh Guo Nian?” Tanya saya. Dan cici pun bilang, ” Lu orang jangan kasitau kyky, nes! Biar dia orang cari sendiri artinya.” *maaaak!!

**setelah saya cari tau, ternyata Guo Nian itu Tahun Baru. 过 (guo) artinya terlewat atau terdahulu. 年 (nian) itu tahun. 过年 jadi tahun yg sudah lewat yaa alias Tahun Baru.

Cici: “Lu cari tau lah artinya apaan.. nanti gw kasitau penulisannya.. biar lu orang belajar.”

Saya: “Lhaa..cici kan tau sendiri aku udah semangat belajar, tp sekarang ga bisa belajar lagi karena ada kendala, bla bla bla…”

Sepanjang cuci mata di mall, saya ngobrol sama Agnes. Agnes ambil sekolah bahasa 1 tahun di Cina. Kemudian ambil kuliah bisnis di Cina juga. Dia bilang dia suka dengan kebudayaan Cina, makanya dia mau pas ditawarin orang tuanya sekolah disana.

Menarik! Sekolah bahasa di Cina. Bahasa sastra tentunya. Saya jadi ingat beberapa teman saya yang keturunan Tionghoa juga sengaja belajar bahasa disana. Semester awal 老师 (Laoshi)-nya masih pake pengantar bahasa Inggris, sisanya full Mandarin… *tepok jidat!
Info dari Agnes sih habis 30 juta untuk sekolah saja, belum living cost-nya. Hhmmm…..

Mendengar hal itu, cici semangat banget nyuruh saya sekolah kesana.

Saya:”haaa?? Begimana aku bisa hiduup cii?? Bahasa mandarin aja masih anak Play Group gini!”

Agnes: “Tenang..aku juga waktu kesana ga bisa sama sekali malah..tapi masih idup tuh..”😛

Cici: “Kan ada gw! Gw pengen belajar akupuntur disana.. lu pergi sama gw aja..”

Saya: “Trus, makan, belanja aku gimana?”

Cici: “Kan lu sama gw, kyky!”

Saya: “oiya yah! ” *nyengir
kalo tinggal sama Cici pasti aman.. makan juga aman.. pan Cici aku vegetarian.. pasti kaga makan yang macem-macem, hehe..

Laluuu…..
Saya: “Trus kalo aku kesana, aku kapan nikahnya???????”😄

Cici dan Agnes: “Yaa cari orang Cina laaaaahh!!!” *kompak

Saya: (-__-“)
Emang rada susah ya kalo udah deket banget, kadang mereka suka lupa kalo saya Muslim.. huwaaa.. gimana nyarinyaa?? Indonesia aja belum dapet apalagi di Cinaa!! :((

Author:

Life is adventure, fun and fabulous

6 thoughts on “Tuntutlah Ilmu Hingga ke Negeri Cina (beneran)

Leave a Reply

