Posted in Cerita Hidup, Nasib Gadis di Rantau Orang

Sholat Gerhana Perdanaku (yang benar,hehe)

Jakarta, 28 November 2012

Hari ini saya berniat untuk ikutan sholat Gerhana Bulan penumbra di Masjid Al Azhar. Saya tahu kalo ada Gerhana Bulan dari pengumuman masjid tersebut kemarin. Karena ini kali pertama saya sholat Gerhana Bulan (yang benar metodenya, haha) jadilah saya mempersiapkan diri dengan mencari tahu bagaimana sholat tersebut dilakukan.

Dulu sih lupa pernah sholat gerhana atau gak.. soalnya terakhir yang saya ingat, gerhana (yang terakhir teringat di ingatan, haha) itu pas lagi libur sholat, jadi ajah gak ikutan sholat gerhana. Kalopun pernah sekali sholat, itu saya lakukan secara munfarid.. entah tata pelaksanaannya benar atau tidak, hehe.. Namanya juga jarang-jarang sholat gerhana.. yaa jadinya lupa laah… *pledoi! :p

Nanya-nanya mbah Gugle tentang Sholat Gerhana, ternyata jumlah raka’atnya itu ada 2, hanya saja 1 raka’at itu ada 2 kali takbiratul ihram, 2 kali ruku’, dan 2 kali i’tidal… kemudian yang mengejutkan saya adalah bacaan ayat pilihannya yang panjang.. setara dengan Al Baqarah! *Tidaaaaakk!!! An Naba aja belum rampung, apalagi Al Baqarah!!!??!! (0__O)

Karena saya tidak berkapabilitas dengan modal hapalan saya, akhirnya saya memutuskan untuk nebeng sholat di Masjid Al Azhar. Kebetulan pelaksanaannya ba’da Isha, dan pelaksanaan Sholat Gerhana memang lebih utama berjama’ah.. jadilah lepas pulang kantor langsung meluncur ke Al Azhar.. ^__^v

Saya mengajak 2 teman saya untuk ikutan Sholat Gerhana. Tadinya mereka mau sholat di kosan aja, tapi begitu saya bilang tentang ayat pilihan yang setara dengan Al Baqarah, mereka langsung bergegas meluncur ke Al Azhar juga, hehehe.. *kompor banget sih saya! :p

Selepas Sholat Isha, ada jeda untuk sholat sunnah ba’da Isha.. Udara dingin membuat saya harus memperbaharui wudhu saya. Akhirnya saya langsung lari menuju tempat wudhu.

Posisi tempat wudhu dan Masjid cukup dekat, hanya saja tangganya itu lhoo!! panjaaaang!! saya suka mengibaratkan sebagai JALAN MENUJU LANGIT KE TUJUH, hahahaha…

Terdengar samar-samar takbir raka’at pertama sudah dimulai. Saya langsung berlari menyusuri anak-anak tangga yang panjang itu menuju masjid. Sesampai di dalam masjid, saya bergegas mengenakan mukena dan merapat ke barisan jama’ah. Dari arah sebelah tiba-tiba rombongan anak-anak Taman Pendidikan Al Qur’an berbondong-bondong lari heboh mendekati barisan jama’ah di sebelah saya. Sangking hebohnya, mereka saling tabrak satu sama lain dan saling bikin jatuh *hadooh! bocah!

Lagi tergesah-gesahnya saya mengenakan mukena, salah satu dari anak tersebut memanggil saya.

Bocah 1: “Ibu, ibu, ibu.. ini sholat apaa??”

Saya: “Ini Sholat Gerhana..”

Bocah 1: “Teman-teman… ini Sholat Gerhana!! ayo! ayo! ayo!

*brukkk!! ngabring dah tuh bocah-bocah..

Begitu saya selesai mengenakan mukena dan bersiap sholat, bocah 2 bertanya.

Bocah 2: “Ibu, ibu, ibu.. bacaan niatnya gimana????????????”

Saya: ” *maaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaakkk!!! (gubrak!)”

” Heee… pake Bahasa Indonesia aja yaah… hayo, hayo segera sholat! udah mulai tuh imamnya!” *jawaban ngelessss!!😄 (-__-“)

Bocah 2: “Teman-temaaaann.. pake Bahasa Indonesia aja yaaa….” sambil teriak ke teman yang lain.

Saya: (-___-“)

———————————————

Selesai sholat, saya pulang ke kosan. Begitu sampai kosan, saya langsung curhat panjang lebar dengan saudari liqo saya yang kamarnya tepat di sebelah saya.

Saya: “Mbak Detaaaaaaaaaaa……!!!!” (dan ceritalah saya)

Deta: “Huahahahahahahahaaa….. MEMALUKAN!”

Saya: “Huwaaa… wajar donk kalo aku ndak tau!!! kan sholatnya jarang-jarang! lebih jarang dari Sholat Ied! Emangnya kamu hapal po?!” (pembelaan :p )

Deta: “Yaaa aku sih ndak hapal… tapi yo kejadianmu itu bener-bener memalukan! hahahahahaaa… ”

Saya: “Huweeee….”

Deta: “Piye kalo yang nanya anakmu? moso’ kamu mau jawab gitu?”

Saya: “Yaaa… iya juga sih! Tapi kan.. Allah Maha Kuasa.. pasti tahulah bahasa hambaNya! Jadi yaa niat pake Bahasa Indonesia kan ndak masalah! *preett!! (lagi-lagi pembelaan :p )

Saya lagi: “Yaaa.. semoga aja nanti pas ta’aruf, calon suamiku ndak nanya tentang niat Sholat Gerhana.. ataaauu.. aku masukin aja poin Sholat Gerhana di proposalku sebagai syarat calon suami..” *yang ini bener-benerrr pembenaran!😄

Deta: “Dasarrrrr!!! (-__-“)

Saya: :p

Tapi dari lubuk hati saya yang paling dalam, kejadian tersebut benar-benar mencoreng wajah, hiks hiks.. (lebay!)

Tapi bener juga sih.. nanti kalo anak saya nanya hal yang sama, apa jawaban saya masih sama dengan jawaban di atas? hahahaa.. Wallahu’alam…  XD

*intinya emang harus nambah ilmu….!! hehe..😉

Author:

Life is adventure, fun and fabulous

2 thoughts on “Sholat Gerhana Perdanaku (yang benar,hehe)

  1. hehe, seru ya, ky😀
    bukannya niat sholat apapun itu sdh cukup dgn hati yg ingin melakukan sholat, kaki yg bergerak ke tempat wudhu, dan bergegas ke tempat sholat utk takbiratul ihram (mengikuti imam) ya? gak ada bacaan niat yg khusus, setahuku, nih ya.
    ada yg punya ilmu lain? ayo ayo, diskusikan😀

    1. hehehe… untuk niat memang ada yang berpegang harus dilafadzkan dan ada juga yang cukup di hati.
      Kalau di Taman Pendidikan Al Qur’an emang suka dilafadzkan sih, jeng..
      namanya juga buat belajar.. jadi wajar kalau anak-anak nanyain apa bacaan niatnya, ehehehe… akunya aja yang kurang ilmunya, hihihihi :p

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s