Posted in Nasib Gadis di Rantau Orang

Kiriman Nisan Kuburan Cina

Hari ini sebenarnya saya geli sendiri, pasalnya kakak kelas saya di biologi mengirimkan email yang judulnya adalah NISAN.

Apa itu NISAN? merk mobil? tentu saja bukan! Nisan yang dimaksud disini adalah NISAN KUBURAN, hihihihi…

Beberapa minggu yang lalu, selagi menggalau-galau karena gak punya partner untuk bekpeking, saya menelepon kakak kelas saya ini, namanya Teh Umi. Karena saya sudah lama sekali ga bekpeking solo karir (apa sih!) jadinya saya butuh effort besar untuk memberanikan diri lagi pegi-pegi sendirian… *nasibmasihsingle :p

Saya nelepon Teh Umi untuk mendapat hembusan angin segar semangat agar saya kembali berani mendamparkan diri ke suatu daerah yang belum pernah saya tapaki, gak ada  yang saya kenal, dan tanpa partner. Teh Umi ngasih beberapa ‘wejangan’ (hihihi) supaya planning bekpeking saya nanti berjalan lancar.

Di tengah-tengah ngasih wejangan, tiba-tiba Teh Umi nawarin sesuatu ke saya. Tiba-tiba Teh Umi nanya tentang kemampuan bahasa mandarin saya..

Teh Umi: “Kamu masih belajar bahasa mandarin?”

Saya: “Masih, Teh!”

Teh Umi: “Sampai kapan?”

Saya: “Bisa jadi seumur hidup… seumur umur kalo masih kerja di kantor yang sekarang, hihihihi… :p ”

Teh Umi: “Hahahhaha… Kamu mau aku kasih tantangan gak?”

Saya: “Apaan, Teh?”

Teh Umi: “Terjemahin tulisan dari nisan kuburan cina…”

Saya: “Haaaaa???????????!!!! Aku gak mau ke kuburan!!!!”

Teh Umi: “Yeee.. bukan kamu yang ke kuburan! Temen aku lagi butuh penterjemah tulisan-tulisan di batu nisan kuburan cina. Dia yang akan motoin nisan-nisan di kuburan cina.”

Saya: “Buat apa teh?”

Teh Umi: “Nanti aku jelasin.. nanti aku kirim email ke kamu yaah kalo aku sudah kirim emailnya.”

Saya: “Oke!”

Hahahaha… dapat tantangan kek gitu sebenarnya bikin saya jiper juga sih! Masalahnya kemampuan bahasa mandarin saya masih tingkat Play Group kalo di Negeri Cina! hahahaha… Lao shi aja kalo ngajar pake DVD yang khusus untuk anak TK, hihihi.. Tapi.. Hao le ba! Sudahlah! dicoba saja dulu.. toh kalo gak bisa, tinggal nanya Lao shi, Cici dokter Koko dokter, Koko Edi atau Cici Re sekalian, hihihi…

Nah, hari ini Teh Umi kirim foto-foto nisannya. Jumlah nisan sekitar 18 buah.. tadinya mau 70 buah! (Masha Allah! ampuuuunn!!)

Dari email, saya buka deh foto-foto yang dikirim.. Hiii.. banyak juga yaaa tulisannyaaa…>.< maksudnya banyak juga tulisan yang gak kebaca karena beberapa usia kuburannya sudah tua, hehehe..

Dari Teh Umi saya tahu kalau foto-foto nisan yang dikirim ini bakal jadi jurnal penelitian salah seorang temannya yang Antropolog. Berhubung temennya itu dosen PNS, jadi ada kewajiban untuk membuat publikasi ilmiah. Dari cerita Teh Umi juga saya tahu bahwa dalam sistem pemakaman di Cina ada klasifikasinya, ada semacam kastanya… Menarik! Kayaknya selanjutnya saya akan tanya-tanya Cici dokter, deh.. ^__^

Tadinya saya berpikir temennya Teh Umi seorang Arkeolog, nyari harta karun atau benda-benda bersejarah di kuburan cina,  ternyata beliau Antropolog, hihihi…

Yasudah akhirnya saya menerima ‘Job’ sebagai penterjemah ‘amatir’ nisan kuburan cina… Lumayan.. siapa tahu jadi penambah semangat saya untuk giat belajar di tengah rasa malas membaca huruf-huruf Hanze yang menjelimet.. atau mungkin bisa jadi ini lahan ‘penghasilan tambahan’ saya sebagai penterjemah, hihihihi… Untuk pelanggan pertama, kasih gratis dulu sajalah.. penglaris! hihihihihi…. *mintadilemparsendaljepit😄

Kalau kata Teh Umi, “Ditarif ajaa!! lumayan buat nambah-nambah kocek kamu bekpeking nanti! hahahahahaa…”

Mana Tegalaaaaaaaahh!!!!!😄

Yang bikin saya makin geli hari ini adalah waktu saya sms-an sama Cici dokter, bahasa saya nyampur Mandarin-Indonesia.. Di akhir sms Cici dokter tiba-tiba nulis, “Kiki mandarinnya ada kemajuan yaaa.. senang!” Hiiii…. rasanya makin jiper sama Cici! Padahal lebih banyak bahasa Indonesianya ketimbang mandarinnya! :p

Mungkin karena kami deket banget, saya anggap Cici dokter sebagai kakak perempuan.. Jadinya Cici rasa seneng lihat adiknya yang masih ‘TK’ ini ada kemajuan ngemeng bahasa mandarin, hihihi..

Author:

Life is adventure, fun and fabulous

Leave a Reply

