Posted in Cerita Hidup

Pengenalan Islam dan Tanam Akhlaq Ponakan Kecilku..

Seneng deh bisa ikut andil dalam mengenalkan Islam buat Ade Gibtha. Jadi, selama ade lebaran di Bandung otomatis rumah disetting buat tamu kecil, sampai ke acara televisipun mendadak seharian berubah jadi kartun melulu, hihihihi.. lama-lama jadi hapal hari ini jam segini film kartun apa, abis itu film kartun apa. Seneng juga ade suka film kartun, apalagi ternyata ade suka banget sama Mickey Mouse! Sama persis kayak tante! hihihihi.. Kalau nonton kartun Mickey, ade suka tepuk tangan sambil joget-joget gitu kalau denger soundtracknya. Makanya kalau nonton di DVD yang disetel cuma bagian soundtrack pembuka dan penutup doank, hihihihi… :p

Ceritanya, waktu itu tante lagi nyadar, kok kayaknya ada yang kurang yah dari film-film kartun yang ditonton ade.. Kayaknya terlalu barat banget. Pingin masukin unsur Islami ke tontonan-tontonan ade, biar dari kecil ade udah terbiasa dengan Islam. Kan usia-usia seperti ade itu usia-usia meniru dan proses belajar yang cepat sekali, sayang banget kalau ade cuma nonton kartun barat aja,, dan daya ingat anak kecil di usia-usia kayak ade kan lagi kuat-kuatnya, jadi bakal lebih TOP BANGET kalau pengenalan Islam dini dikasih ke ade.. ^__^

Kebetulan waktu di Forum Indonesia Muda (FIM) tante dapet materi pola pendidikan anak dari Tante Elly Risman, psikolog yang terkenal itu.. sama Tante Tatty Elmierjuga, yang jadi salah satu pelopor Aliansi Selamatkan Anak Indonesia ( ASA Indonesia). Waktu itu Tante Elly cerita tentang apa saja yang harus ditanamkan secara dini kepada anak-anak seusia ade. Waktu dapet materi itu, tante dulu punya cita-cita harus jadi Badan Sensor Keluarga kalau punya anak nanti. Apapun yang ditonton anak tante, harus udah melalui sensor tante dulu. Kalau perlu filmnya dicut di dapur editing video tante (kalo ini terus terang rada berlebihan, hihihihi.. maklum, Tugas Akhirnya bikin film dokumenter sih! :p ). Naaah… karena sekarang ada anak kecil yang imut di rumah, jadi dimanfaatin aja buat ajang praktik materi FIM! hihihi…

Akhirnya, tante iseng mampir ke salah satu toko buku Islam di Gelap Nyawang, deket ITB. Tante liat ada banyak film kartun Islami disana. Tapi emang dasarnya belum punya anak, jadilah tante kebingungan mau beli yang mana.. bingung milih film apa yang pas buat anak usia 1 tahun. Setelah memilah-milah, akhirnya tante beli VCD yang judulnya Cinta Allah Cinta Rasul. Kebetulan di cover VCDnya ditulis ada lagu-lagu juga. Kan ade cepet banget tuh nangkep hal-hal yang bersifat musik, jadi tante beli VCD yang ada lagu-lagunya. Karena VCDnya masih disegel, jadi tante ga bisa liat dulu isi VCDnya.. yasudah, bismillah saja, semoga VCDnya bagus.

Bulan berganti bulan, tiba waktunya ade ulang tahun dan tante main ke Batam. Ade masih belum berubah, masih suka sama soundtrack Mickey Mouse! Suka tepuk tangan sama joget kalau lagu Mickey Mouse lagi disetel, hihihi.. lucu! Trus pagi harinya, Ibun kan nyetel sebuah VCD yang isinya tentang cerita anak laki-laki, kakak perempuan, Ibu dan Ayahnya. Cerita tentang Syamil dan Kakaknya Nadia. Filmnya sederhana, tentang kehidupan sehari-hari yang Islami. Ada nyanyi-nyanyi juga. Awalnya tante gak ngeh kalo itu VCD yang tante beli, tapi Ibun ngasi tau kalau itu VCD yang tante beli dulu, hihihihi..

Liat ade antusias banget nonton cerita Syamil dan Nadia bikin tante seneng banget! Ibun nyetel film Syamil dan Nadia tiap pagi, bikin ade jadi maniak sama Syamil dan Nadia, bahkan gak kalah antusiasnya sama denger soundtracknya Mickey Mouse. Sangking maniaknya, sampai-sampai “ Ade ga nengok kalau dipanggil namanya sendiri,, senengnya dipanggil Syamil.” kata Ibun, hihihihi…

Senengnya bisa ikut andil dalam pengenalan Islam buat ade dan penanaman akhlaqul karimah buat bekal ade kelak..

Jadi anak sholeh kelak buat Ibun dan Ayah yaa, naaak… ^__^

NB: tantenya jadi tambah semangat buat nyari seri cerita Syamil dan Nadia lagi,, biar ponakannya makin sholeh… ^___^v

Author:

Life is adventure, fun and fabulous

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s