Posted in Cerita Hidup, Nasib Gadis di Rantau Orang

Lao shi-ku Hebat!

Gd. Artha Graha SCBD, 10 Oktober 2011

Hari ini seperti biasa adalah hari les bahasa mandarin… dan seperti biasa juga aku datang terlambat, hehehe.. Berhubung besok Ibu Atasan rapat di tingkat manajer (Manager Meeting) jadi semua bahan rapat harus dipersiapkan sebaik mungkin🙂

Kali ini aku terlambatnya kebangetan! Setengah jam! Heuheu… Pas masuk ke ruang kelas (ruang rapat yang disulap menjadi ruang kelas les mandarin :p ) rada gak enak sih sama Lao shi-nya.. tapi mau bagaimana lagi.. sambil bilang, “Lao shi.. Wo chi dao.. Dui bu qi..” Lalu Lao shi mempersilakan masuk.

Aku dapat tempat duduk di tengah-tengah. Posisi strategis buat belajar. Sebenarnya strategis karena gak jauh dari tempat duduknya Mrs. Wong. Mrs. Wong udah nempatin tempat duduk buat aku sebenarnya, hihihi.. “baik benerrr!” Sebenarnya sengaja sih duduk dekat-dekat Mrs. Wong, “Deket-deket orang Cina aaah duduknyaaa…biar cepet pinterrrr!” komenku di pertemuan minggu lalu. Tapi dapet balasan dari Ibu Sek Dirut, “Salah lu deket-deket gwa! Gwa aja masih belajar! Hahahaa…”  *tepok jidat!*

Hari ini Lao shi membagikan buku pelajaran baru. Pertanda kurikulum baru dimulai. Di buku baru, makin banyak kata yang tulisannya Hanyu ketimbang tulisan Pinyi, jadilah kalang kabut bolak balik halaman yang ada tulisan Pinyi sekaligus terjemahan Bahasa Inggrisnya. Teks booknya memang cuma ada Mandarin dan Inggris.😀

As usual, selalu merasa susah dalam menghapal tulisan Pinyi dan Hanyu. Seringnya tulisan dengan bacaan beda. Tulisan Pinyi-nya apa dibaca apa.. kurang desah dari huruf H aja udah beda makna, huweee… suseeeehh!! Tapi bukan Lao shi Wang namanya kalau gak bisa membuat anak didiknya semangat lagi buat belajar. Lao shi Wang selalu bilang, “Pasti bisa! Kalau kamu belajar pasti bisa! Saya akan bimbing kalian pelan-pelan sampai kalian bisa bicara dan bisa menulis juga.” Lalu Ibu Sek Dirut berkata, “Tapi kan huruf Hanyu ada 3000, Lao shi..! Mana kita ingaaatt!” Lalu aku nambah, “Lao shi, membaca saja aku sulit apalagi nulis… hehehe… :p “ Tapi, eh, dan lagi-lagi Lao shi Wang menularkan rasa optimisnya, “Kalian itu beruntung bisa belajar nulis dan bicara. Gak semua orang Cina bisa nulis.” Howaa… Lao shi Wang super optimis!

Sebenarnya ini yang bikin aku suka sama Lao shi Wang.. beliau selalu memberikan semangat dan menebar rasa optimis buat belajar bahasa Mandarin. Guru ideal banget deh! ^___^

“Kan bahasa Mandarin sekarang sudah jadi bahasa Internasional. Dunia bisnis sekarang dikuasai orang Cina. Orang Cina biasanya gak mau pakai bahasa Inggris, mereka sangat menghargai orang yang bisa bahasa mereka. Selain itu kalian kan juga bisa tahu tempat-tempat yang tulisannya Hanyu kalau jalan-jalan ke Singapura. Terus kalian juga bisa belajar tentang obat-obatan Cina juga atau setidaknya kalau beli obat Cina kalian bisa baca. Nanti saya ajarkan juga tentang obat-obatan Cina dari salah satu Dinasti… dan masih banyak lagi ilmu yang kalian dapatkan dengan menguasai bahasa Mandarin. Kalian bisa pelajari banyak ilmu dari peninggalan Dinasti-Dinasti Cina.. Tuh kan! Banyak manfaatnya kan?! Di Agama kalian aja sampai ada tulisan “Tuntutlah ilmu sampai ke Negeri Cina”, makanya sekarang kalian belajar..” kata Lao shi Wang.

Huiiy… mantep bener ni Lao shi! Sekarang nasehatnya udah pakai agama segala! Senang juga sih Lao shi-nya juga “nerima” kalau muridnya kebanyakan Islam dan sekarang toleransinya jadi besar.. kayak yang lagi puasa Senin-Kamis (pas kena jadwal les juga) dikasih kesempatan makan, bahkan nyuruh murid-murid yang lain menghormati kalau yang lagi buka puasa lagi doa, terus jadwal les jadi dipercepat karena sholat Maghrib… ^___^

Oiyah, Lao shi Wang ternyata seorang penulis! Beliau menulis buku tentang Peruntungan tahunan berdasarkan *kalo aku bilang PARARIMBON* peninggalan suatu Dinasti. Buku yang beliau tulis adalah RAHASIA MENYINGKAP PERUNTUNGAN. Kata Lao shi *karena aku belum punya bukunya :p * disana ada tentang hari-hari baik dan hari-hari buruk. Hari apa saja untuk menggelar pesta pernikahan, untuk mengadakan Grand Opening suatu usaha, bahkan hari untuk menjahit baju juga ada hari baiknya! Masha Allah!!! *tepok jidat!*

Terkagum-kagum nih aku sama Lao shi Wang. Wanita muda, penampilannya bisa aja, optimis berat, tapi ternyata penulis terkenal, hohohoho…

Ngomong-ngomong tentang Bahasa Mandarin, Ibu HRD-ku bilang kalau sekarang perusahaan memasukkan Bahasa Mandarin dalam kategori Skill di penerimaan karyawan baru. MANTAAAPP!!!

Alhamdulillaaaaaahhh!!! Bersyukur banget sama Allah karena aku masuk ke perusahaan ini pas belum ada ‘aturan’ itu, hihihi… Segalanya terasa dimudahkan sama Allah, mulai dari masa interview, psikotest, screening, sampai aku tinggal dulu buat Umroh dan finalnya Allah ngasih aku hadiah untuk bekerja disini… sangat-sangat Alhamdulillah… Udah itu dikasih suasana kerja yang cukup menyenangkan, orang-orangnya baik-baik, dan fasilitas kursus Mandarin GRATIS lagi! ALHAMDULILLAH….

“Then which of the Blessing of your Lord will you both (Jinn and Men) deny,  (Q.S Ar Rahman), Kyky??”🙂🙂🙂

Author:

Life is adventure, fun and fabulous

6 thoughts on “Lao shi-ku Hebat!

      1. Alhamdulillah.. Women hen mang le, hihihi.. Insha Allah nanti disampein yaa Laoshi.. Waaah.. Laoshi smakin eksis nih dengan buku barunya.. Bolehlah nanti kalau Meixiang ke Gramedia..
        Sukses selalu buat Laoshi! ^__^

    1. Xin nian kuai le, lao shi…aamiinn aamiin aamiiinn yaa robbal’alamiin..
      semoga Lao shi juga sehat selalu, lancar rejekinya, semakin bersinar karirnya dan dipertemukan sama Pangeran hatinya, hihihihi…
      Insha Allah Mei Xiang sampein ke temen2.. ^_^
      Miss you so much!

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s