Posted in Cerita Hidup

Tukang (Kasih) Obat

Bandung, 1 September 2011

Libur lebaran kali ini aku punya julukan baru dari Gibtha, Tukang Kasih Obat! Hihihi..

Demi kesembuhan keponakan tercinta, sang tante harus rela untuk menjadi tenaga pembantu kalo dede Gibtha minum obat. Berhubung sang bunda gak tega ngeliat anaknya ngamuk dan tersiksa karena minum obat, sang tante jadi harus turun tangan membantu nenek buat ngasih dede Gibtha obat. Tugas sang tante adalah nyiapin atribut obat, mastiin takaran obatnya tepat, serahkan ke nenek dan ‘miting’ alias megangin kepala dan tangan dede. Awalnya gak tegaan.. kasian tiap mau dikasih obat si dede ngamuknya gak ketulungan… TAPIIII lebih gak tega lagi kalo si dede tersiksa sama batuk dan pileknya… lebih-lebih kalo lagi tidur, si dede jadi ngeluarin suara ngorok karena kesulitan bernafas. JADILAH sang tante harus memunculkan jiwa TEGA meski hasilnya akhir-akhir ini si dede jadi gak mau main sama tante karena trademark tante sebagai Tukang Kasih Obat.😦

Ada satu hal yang menarik yang jadi pelajaran buat sang tante… yaitu belajar gak jijik-an!

Seperti biasa aku dan mama menjadi pasangan yang mendapat julukan Tukang Kasih Obat.. Sebelum dikasih obat, dede Gibtha dikasih makan dulu sama mama. Aku yang lagi makan kudu menjeda makan buat nyiapin obat-obatan si dede. Pertama, obat yang dikasih adalah puyer… huwee… jangankan bayi, aku aja ngacir kalo dikasih puyer,huhuhu.. tapi demi kesembuhan ponakan tercinta, tante kudu tegaan nyiapin obat puyerrr… ya,ya,ya.. si dede ternyata udah apal banget kalo sit ante udah megang sendok obat.. walo dalam gendongan, geliat kesana, geliat kesini.. daaaann… hup! Sang tante dengan sigap menangkap tangan dan menahan kepala si dede, lalu sendok obatnya dikasihin ke mama daaaan obat puyer pun mendarat di mulut dede dengan tidak terlalu sempurna.. agak belepotan sih, tapi it’s OK! Yang penting sebagian besar isi obat sudah masuk ke mulut dede Gibtha.. lalu si dede ‘ngomel-ngomel’ tanda protes “awwawawawaw…wawawawaw…” kata dede Gibtha.

Obat selanjutnya adalah antibiotik. Begitu si obat sudah siap akan diberikan, si dede tiba-tiba bilang “dah..ddah…ddaaah…” hihihihi… maksudnya dia bilang SUDAH! Aaaaa…. “Aaa… Cong Ming (pintar.red)! Ponakanku pintar sekali!!!” Namun sayang sekali, sayangku… antibiotiknya belum masuuukk… jadiii….. hup! Dengan perlakuan yang sama, antibiotik mendarat sempurna di mulut dede. ALHAMDULILLAAAAAH….

Selanjutnya adalah obat batuk. Dengan perlakuan yang samapun obat batuk mendarat sempurna di mulut dede. Tapii….. “hueeeekk….” Ups! Tiba-tiba dede Gibtha muntah! Waduh! Aku kelabakan pas dede muntah… abisnya gak tega ngeliat ekspresi malaikat kecilku itu muntah.. soalnya pasca muntah pasti wajahnya pucat pasi tak berdaya, huhuhu… tapi… tunggu dulu.. Alhamdulillah.. yang dimuntahin dede bukan isi makanan, tapi lendir yang selama ini bikin nafas dede bunyi kalo lagi tidur… ALHAMDULILLAAAH… lendir yang dikeluarkan banyak.. legaaaa rasanyaaa…

Setelah dede muntah… yaaah.. harus dibersihin deh lantai yang terkena muntah.. biasanya tante jijik banget sama muntah, apalagi lendir.. buat tante itu sumber penyakit! Tapi, masak mau dibiarin aja bekas muntahnya?? Hhmm…

Ntah ada keinginan yang kuat dari mana, tiba-tiba tante ngambil lap pel, trus dibersihin bekas muntah lendirnya si dede. Lantaipun kembali bersih… *pyuh!

Seharusnya tante say thanks banget nih ke dede Gibtha.. soalnya sejak itu tante jadi gak jijik-an sama muntah dan lendirnya dede Gibtha.. Ponakan emang eksperimen kecil buat latihan buat jadi IBU kelak! ^__^

Abis minum obat, dede menunjukkan  tanda-tanda ngambek ke sang tante,huhuhu.. gak mau digendong  tante.. nempeeel terus sama nenek, huhuhu… tapi gak papa deh.. mending dimusuhin daripada ngeliat malaikat kecilku sakit gak berdaya,hehehe…

Syafakallah, sayang….🙂

Author:

Life is adventure, fun and fabulous

2 thoughts on “Tukang (Kasih) Obat

  1. noooykyyy…dede gibtha udah kena infeksi sekunder ya sampai pake Antibiotik? (coz biasanya kan krn virus jd ga perlu ~dan ga mempan~ pake antibiotik) ayo kalahkan bakteri2 nakal itu dek..😦 syafakallah ya dede gibthaaa🙂 bukannya mau nakut2in ya kykyyy…di ITBMh sering dibahas penggunaan puyer dan antibiotik..ini untuk bahan baca2 aja..http://www.parenting.co.id/archive/web/forum/forum_detail.asp?catid=&id=1&topicid=6079 dan ini http://rennyamelia.wordpress.com/2011/02/06/antibiotik-dan-obat-puyer-untuk-bayi/ ..kalau menurut hemat saya (alah bahasanya) lebih baik coba cari second opinion ke dokter lain dulu..terutama ttg penggunaan obat2an yang tepat..coba cari info dokter yang RUM (Rational Use of Medicine)..cmiiw ya cuma share yang saya pernah tau..kmrn juga khaibar panaaaas batuk pilek..ke dokter dikasih antibiotik, padahal ga tes urin/darah jd gak bisa ketauan ada bakterinya apa ngga sih sebenernya..eh maen kasih aja..ga saya minumin dan alhamdulillah khaibar sembuh sekarang🙂 mudah2an dede gibtha cepet sembuh yaa

    1. itu juga dari dokter anak nis dikasihnya… waktu itu dokternya bilang sempet gejala tipus, tapi udah lewat fasenya, jadi cuma demam batuk pilek biasa.. trus karena ga puas dan alhamdulillah Hermina udah buka dipindahinlah si ade buat cek di Hermina.. di Hermina si ade dirujuk buat dicek semuanya sampe rontgen juga.. dari situ baru ketahuan kalo ada virus.. dan si adepun langsung dirawat inap dengan selang infus dan selang oksigen.. Alhamdulillah sekarang selang oksigennya udah dilepas.. kata dokter perkembangan ade udah bagus, cuma selang infusnya belum dilepas…🙂
      huhu.. aku lalai juga sih jd tante kali yah.. pas ke dokter soalnya gak ikutan..😥
      liat si ade sakit rasanya pingin penyakitnya pindah ke aku ajah.. ga tega liat wajahnya sendu gitu…😥
      aamiin yaa robbal’alamiin… syukron yaa nis doanya…🙂

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s