Posted in Melancholische Seite

Renungan Pintu Gerbang Ramadhan

Gak kerasa Bulan Ramadhan tinggal menghitung hari… tapi masih bingung akan diisi dengan apakah Ramadhan tahun ini… Entah kenapa berasa kehabisan tenaga sama sekali, padahal justru perang baru akan dimulai!

Bulan Ramadhan tinggal menghitung hari… Sampai detik ini masih menjadi pertanyaan besar, apakah diri ini akan berjumpa dengannya, sedangkan saya masih berdiri di depan pintu gerbangnya… Kalo mengutip kata Ustadz Hilman Rosyad saat manasik Umroh kemarin, “kita ini masih calon… kalau belum benar-benar masuk ke dalamnya yaa namanya masih calon tamu…” walo konten waktu itu adalah calon tamu Allah, dan sekarang kontennya adalah calon penghuni Ramadhan..

Bulan Ramadhan tinggal menghitung hari… Dan saya masih bertanya apakah usia saya sampai pada perjumpaan dengan Ramadhan.. sedangkan kemarin saya dihadapkan dengan berita kepulangan salah seorang kerabat bapak HRD di kantor, pulang ke sisi Allah… Ya Allah…padahal Ramadhan udah di depan mata.. masih ada hambaMu yang Engkau panggil untuk pulang?? dan rasanya saya ingin teriak… Astaghfirullah..!

Bulan Ramadhan tinggal menghitung hari… Dan saya masih bertanya apakah usia saya sampai pada perjumpaan dengan Ramadhan.. sedang ketika saya akan memasukinya nanti, saya menyadari bahwa orang yang paling saya cintai di dunia telah tiada… yaa..ini Ramadhan pertama saya lalui tanpa kehadiran Emak di sisi.. Tanpa ada ritual sungkeman di kakinya, tanpa ada ritual kesibukan menyiapkan hadiah Ramadhan untuknya, dan tanpa ada ritual pulang ke tanah kelahiran.. saya tahu, ini akan menjadi Ramadhan paling sulit yang akan saya lalui…

Bulan Ramadhan tinggal menghitung hari… Dan saya masih bertanya apakah usia saya sampai pada perjumpaan dengan Ramadhan.. Begitu juga dengan pertanyaan apa yang akan saya bawa saat saya dipanggil olehNya…

Ya Allah..sampaikan usia ini padanya, agar hamba bisa membenahi Ramadhan hamba yang telah lalu, agar hamba bisa lebih memperbanyak sujud hamba kepada Engkau, memohon suatu pengampunan atas diri ini dan orang yang hamba cintai, agar bertambah tingkat taqwa hamba, agar bekal hamba lebih siap ketika suatu hari Engkau memanggil hamba pulang..aamiin!

 

Author:

Life is adventure, fun and fabulous

Leave a Reply

