Posted in Cerita Hidup, Nasib Gadis di Rantau Orang

Kelas Mandarin Perdanaku

Hari kedua kerja menjadi hari pertama aku masuk kelas Bahasa Mandarin. Oiyah, lupa! Di kantor punya fasilitas untuk belajar Bahasa Mandarin. Mengingat, menimbang dan menelaah kalau tenant atau rekanan kerja perusahaan dominasi orang Mandarin, jadi karyawan disini diberdayakan untuk bisa bergaul dengan mereka dengan menggunakan Bahasa Mandarin, hiii…

Sore itu ruang rapat disulap menjadi ruang kelas Bahasa Mandarin. Dengan berbekal diri dan pede berat (hahaha) aku masuk ke kelas Bahasa Mandari bersama Ibu Atasan. Wah..ternyata yang satu kelas sama aku orang-orangnya wajah-wajah familiar rata-rata. Kebetulan kelas Senin-Kamis itu muridnya dikit, jadi aku bisa masuk ke kelas ini,hehe..

Kemudian Sang Guru masuk. Wah, ternyata yang ngajar cewek. Ibu Guru biasanya dipanggil Laoshi (dibaca: Lao se). Trus aku dikasih buku sama Ibu kepala bagian umum. Ada beberapa buku, diantaranya buku cetak yang dipakai selama belajar, buku tulis kotak-kotak, dan beberapa fotocopy bahan pelajaran yang masih tersisa. Kata Ibu kepala bagian umum, “Sementara itu dulu yo, ki.. besok tak kopiin materi-materi sebelum kamu masuk, biar kamu bisa ngejar pelajarannya..” (dengan kental logat medok jawanya) Hiii…. ibunya baiiiikk bangeeett!!! (dan ternyata beneran, besoknya semua bahan pelajaran tersedia rapi di atas meja kerjaku.. ALHAMDULILLAAAH… Ibunya baiiikk!!! ^___^ )

Pelajaran perdana (buat aku :p ) dikasih teks lagu Hao Xiang Hao Xiang, hihihihi…

Trus, aku disuruh baca teks percakapan sembari ikutin cara Laoshi ngomong.. huhuhu… susah juga yah! Hurufnya apa, dibacanya apa… jadinya ibu kepala logistik yang duduk di sebelah aku sering tak tanya-tanya gimana cara bacanya,heuheu..

Tadinya teks percakapan dibaca rame-rame, kemudian ditest satu-satu. Deg-degan sih sebenarnya.. soalnya bahasa ini ASELI BENER-BENER ASING! hiii…

Pas giliran aku, aku coba aja inget-inget gaya Putri Huan Zu ngomong, inget-inget gaya Boboho ngomong, gaya Jet li ngomong..trus praktekin sekenanya deh.. Eh, ternyata Laoshi bilang bagus buat pemula! hahaha.. alhamdulillah… (gak sia-sia ternyata dari dulu suka nonton Pai Su Chen si Uler Putih nyanyi, nonton Bibi Lung jatuh cinta sama Yoko, pernah ngefans berat sama Jimmie Lin, Jet Li dan Chou Yun Fat, malah jadi bekal test pertama, aha aha aha..😄 )

Pelajaran dilanjutkan dengan membaca dan menghapal hari. Hari bahasa Mandarinnya adalah Tian, Minggu (week) adalah Xingqi (baca: Cing ci). Nah untuk penamaan hari di bahasa Mandarin itu mudah. Kalo nama hari kata depannya diambil dari Minggu (week) yaitu Xingqi dan kata kedua adalah angka 1 (yi), 2(er), dst. Nah hari pertama dimulai dari hari Senin, jadi Senin adalah Xingqiyi (Cing ci i). Selasa adalah Xingqi’er, Rabu adalah Xingqisan, Kamis adalah Xingqisi, Jum’at adalah Xingqiwu, Sabtu adalah Xingqiliu. Nah khusus Ahad jadinya adalah Xingqitian.. ^__^

Kemudian kelas diakhiri dengan PR (wkwkwk) dan cerita Legenda Sin Cia yang aku ceritain di posting selanjutnya… ^__^v

NB: Besoknya di dalam pertemuan santai, tiba-tiba Ibu HRD bilang, “kata Laoshi kamu punya bakat di bahasa Mandarin yah, ky!” Aku: “Hiii…..” (nyengiirr….)

Author:

Life is adventure, fun and fabulous

Leave a Reply

