Posted in Kelakuan Remaja Tua

berapa kali flagellata gerakin flagellanya?

Masa: Tingkat 2
Setting: Laboratorium Instruksional Barat, Praktikum Biologi Sel

Kelompok Praktikum Biologi Sel adalah kelompok yang menyenangkan sekaligus gokil… sering gagaringan yang gag penting dan sering juga mengagalkan percobaan praktikum, dan ini membuat asisten yang bertugas mengasistenin kami butuh tenaga ekstra, ekstra sabar, ekstra cerewet..hehehehe…

Percobaan-percobaan dalam praktikum ini sering menggunakan bahan-bahan yang kecil hingga tidak bisa dilihat oleh mata..slalu ektrak sana ekstrak sini, bolak balik ng’sentrifuge’, mata sampe rada jereng make mikroskop, dll, dst, etc…

Hari itu percobaannya menggunakan air kolam yang isinya ada makhluk yang berflagela dan bersilia (flagelata dan ciliata)…

Pagi-pagi menjelang praktikum, anak-anak biologi 2004 udah pada numplek di kolam buat ngambil air… air kolam yang dipake yaa air kolam taman ganesha, air kolam Indonesia Tenggelam yang waktu itu belum dikuras dan air bak kolam jurusan tetangga a.k.a kolam jurusan mesin maksudnya, heu heu heu..

kan biasanya kalo kita main di kolam rada-rada cuek tuh..gak tau isi si kolam ada apa ajah…naah,,,pas praktikum ini jadi keliatan deh kalo isi air kolam itu ada macem2….

Percobaan praktikum ini dilakukan untuk melihat apa fungsi flagella dan silia, gimana cara geraknya, dll, dst, etc…

Waktu ngeliat flagella bergerak-gerak, ada pertanyaan iseng yang pengen aku tanyain ke asisten…Karena pengen tau, iseng-iseng aku nanya ke asisten yang lagi ngawas di meja praktikum.

Aku: “teh, dalam satu jam flagella bergerak berapa kali?”

Asisten: “hayo berapa???” (asisten mulai jail)

Aku: “lah, kok nanya balik sih teh? Aku kan nanya dan teteh sebagai asisten harus bisa jawab dooonnkk!!”
(waktu itu masih berpikiran kalo asisten itu pasti lebih pinter dari praktikan, hahahahahahhaa)

Asisten: “kalo begitu kamu cari di literatur berapa kali flagella bergerak dalam satu jam…trus kamu masukkan ke dalam laporan praktikum….”

Doeeeeeennnkk!!!!!!! Dorondonkdonkdonk!!!!

dan sampai saat ini pertanyaan itu tidak terjawab karena emang gag niat buat nyari dan lagi pula flagella kan alat gerak, suka-suka si empunya donk mau bergerak berapa kali! Hahahaaha…

Setelah kemudian ngerasain jadi asisten, baru menyadari kalau jurus jitu asisten ternyata gitu yah! Kalo gag bisa jawab, disuruh cari tau di literatur….hueee…

Author:

Life is adventure, fun and fabulous

One thought on “berapa kali flagellata gerakin flagellanya?

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s