Posted in Mari Membaca

Mengenal arti CINTA #Al Qur’an Kitab Cinta

Dalam hidup, yang aku yakini bahwa tidak ada yang namanya KEBETULAN,,, karena semua yang terjadi dalam hidup ini sudah dalam garis takdir Allah SWT. Bahkan gugurnya satu helai daunpun sudah tertulis dalam garis takdir Allah, apalagi kehidupan seorang manusia

Dua hari yang lalu, papa membeli sebuah buku yang berjudul Ensiklopedia Manajemen Kepemimpinan Rasulullah yang ditulis oleh Ust. Muhammad Syafi’i Antonio. Sebelumnya papa menelepon dari Cirebon, apakah aku mau dibelikan buku itu atau tidak. Ketika beliau memberikan informasi mengenai harga buku itu, aku tercengang! 2,5 million IDR!!! It’s so expensive,papa! Tapi karena tidak ingin mengecewakan dan memadamkan semangat papa membelikan buku itu, aku mengiyakan keinginan papa.

Ternyata membeli buku itu, papa mendapatkan bonus buku plus plus. Ada 2 buku yang beliau dapatkan sebagai bonus, yakni mengenai kehidupan umat muslim Cina dan Al Qur’an Kitab Cinta. Papa memberikan aku buku Al Qur’an Kitab Cinta sebagai bahan bacaan tambahan.

Buku dengan judul menarik “Al Qur’an Kitab Cinta” Menyelami Bahasa Kasih Sang Pencipta. Penulisnya adalah Dr. M. Said Ramadhan Al Buthy, seorang penulis sirah yang terkenal. Dalam cover buku tersebut tertulis sebuah notifikasi dari Dr. Ahmad Lutfi Fathullah, M.A, seorang pakar hadist. Beliau menyebutkan bahwa beliau (Dr. Al Buthy) mengajak untuk mengenal cinta dalam bahasa Al Qur’an dengan pendekatan nalar dan hati.

Mendapatkan buku ini dari papa, mengajakku berpikir, pasti Allah punya suatu skenario untukku… Karena papa tergolong orang yang jarang sekali “menyentuh” masalah “sensitif” putri-putrinya, selalu general-general saja yang menjadi topik pembahasan kami dalam berdiskusi…dan begitu papa memberikan buku itu, berasa dapet semacam “pesan” tersembunyi… Tampaknya papa menyadari bahwa putri pertamanya sudah dewasa dalam bersikap,,papa ingin mengajarkanku untuk mengenal CINTA… bukan hanya sekedar CINTA,, tapi CINTA SEBENARNYA…

Tersenyum memandang langit, ketika buku itu aku terima. Pesan tersirat dari Allah melalui tangan papa agar aku belajar bagaimana jalan Allah mencintai hambaNya, mencintai aku. Allah Maha Tahu titik sensitif hamba-hambaNya..buku CINTA itu Allah takdirkan untuk papa berikan kepadaku..seketika aku teringat dengan hadist ini:
” Barang siapa mempunyai 2 anak perempuan dan diasuh dengan baik, maka mereka akan menyebabkannya masuk surga” (HR Al Bukhari)
Hadist yang pernah aku baca ketika SMA, yang memiliki maksud bahwa seorang putri adalah sebagai salah satu jalan orang tuanya untuk masuk ke surga. Tugas yang berat untuk kedua orang tua, namun akanlah menjadi suatu kebanggaan ketika beliau berdua dapat membesarkan putri mereka menjadi seorang muslimah sholehah. Bagiku, hadist ini menjadi sebuah amanah, amanah yang diemban untuk mengantarkan kedua orang tuaku ke surga.. dengan berakhlak baik, menjadi muslimah dan anak sholehah untuk keduanya. Melalui buku ini, papa berharap agar putrinya memahami betul apa itu arti CINTA, risalah CINTA, dan berharap putrinya tidak tersesat karena CINTA…

Lagi-lagi Allah membuat suatu skenario untukku. Skenario indah yang sangat terasa sekali alur ceritanya akan berujung ke arah mana… yang dimulakan pada pernyataanku untuk berserah dan tawakal terhadap apa yang ada di dalam hidup ini. Doa untuk mendapat ketenangan dan kekuatan hati sedikit demi sedikit mulai tampak proses dikabulkannya.

Ada satu bahasan menari dari buku ini, yakni mengenai apa itu CINTA? Dalam konteks cinta manusia terhadap manusia adalah “Kebergantungan hati kepada sesuatu sehingga menyebabkan kenyamanan di hati saat berada di dekatnya atau perasaan gelisah saat berada jauh darinya.” Namun dalam konteks Cinta Allah kepada hambaNya tidaklah demikian. Cinta Allah memiliki makna yang hakiki, terlepas dari makna kasih sayang dan ampunan, jauh dari persamaan dan perlawanan.

Sebagai buktinya, Allah memuliakan manusia tanpa melihat bentuk dan jenisnya.Muara cinta Allah bergantung pada cara penyikapan seseorang terhadap ajaran dan syariat Allah kepadaNya. Bagi mereka yang taat kepadaNya, menjalankan semua perintah dan menjauhi laranganNya, cinta Allah kepada hambaNya itu kian bertambah, lalu diberikan kehormatan dan kemuliaan yang tinggi sebagai balasan dan komitmen kuat terhadap ajaran dan ketentuan yang telah ditetapkanNya. Bagi mereka yang berpaling, mereka akan merugi dan tidak akan mendapatkan cintaNya.

Namun, cinta Allah tidak hanya dikhususkan kepada hambaNya yang memang dari awal hidupnya lurus, senantiasa menjalankan perintahNya dan menjauhi laranganNya. Cinta Allah juga berlaku kepada hambaNya yang bertaubat. Dalam firmanNya, Allah berkata:
Sungguh, Allah menyukai orang yang taubat dan menyukai orang yang menyucikan diri.” (QS. Al Baqarah: 222)
“Katakanlah (Muhammad) Jika kamu mencintai Allah, ikutilah Aku, niscaya Allah mencintaimu dan mengampuni dosa-dosamu. Allah Maha Pengampun, Maha Penyayang.” (QS. Ali Imran: 31)
Bagi seorang hamba, cinta Allah tidak hanya diterima oleh mereka yang “terjaga dari dosa-dosa” tetapi juga untuk setiap pelaku maksiat yang bertaubat dan kembali ke jalan Allah.

Allah memuji hamba-hambaNya yang saleh dengan ridha dan cinta sekaligus. Seorang hamba yang mengetahui Allah dan hakikatnya pasti tahu bahwa pahala yang ia dapatkan dariNya berbeda dengan anugerah cinta yang ia dapatkan dariNya. Keduanya tidaklah sama, bahkan jika ia meyakini adanya cinta Allah kepadanya, semua musibah yang menimpanya akan terasa ringan, sebab ia meyakini adanya kenikmatan surga setelah itu.

Terasa sekali..skenario menuju proses memudarnya cemburu Allah ke diri ini telah disusun rapi oleh Allah.

Ketika hati memutuskan untuk meletakkan CINTA kepada hambaNya yang  lain di bawah naungan CINTA kepada Allah, keikhlasan, tawakal dan ketenangan hati akan diperoleh.

Allah, lagi-lagi hamba berkata Engkaulah Maha Pemilik Segala Hati, hamba pasrahkan semua dinamika hati hanya kepadaMu… tidak hanya mengharap ridhoMu saja, tetapi CINTA-MU jualah yang aku harapkan tuk liputi segala CINTA yang dimiliki hati ini

Author:

Life is adventure, fun and fabulous

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s