Posted in Cerita Hidup

15 menit yang berat!

akhir-akhir ini kondisi tubuh terasa lelah banget! jadi suka mengorbankan waktu untuk tilawah untuk beristirahat. Sebenarnya ga baik juga buat diri sendiri, karena semakin sering dikasih kelonggaran, malah semakin manja kesininya.. jadi ajah waktu tilawah yang seharusnya dijadwalkan setiap hari, terbengkalai terus, terus terus dan terus… lama-lama akan berhenti lagi! heuheu 

Kemarin, tepatnya 13 Januari 2011 (alhamdulillah..udah tanggal 13 lagi.. ) sebenarnya kondisi kerjaan lagi banyak-banyaknya.. Jadi pada hari itu yang biasanya sholat Dzuhur ke Masjid Salman, aku cancle dan sholatlah di gedung tempat diriku bekerja. Selepas sholat, aku segera kembali ke ruang kerja, mengingat kerjaan yang banyak… jadi selepas sholat Dzuhur, lanjut rawatib, dzikir, lalu berdoa.. udah ajah! ga pake acara tilawah dulu. Sebenarnya hampa banget sih! kerasaaaa banget! yang lagi getol-getolnya tilawah, hari itu jadwal tilawahnya digeser lagi!

Ketika kembali ke ruangan, sebenarnya butuh refresh otak lagi pas mau memulai pekerjaan.. tapi apa yaah…?? buka facebook bosen! buka twitter bosen juga! hhmm…

Akhirnya aku ambil Al Qur’anku yg berwarna coklat dengan sematan gantungan kunci alat drilling kecil,, lalu aku melihat jam di laptop. Jam 13.00…hhmm… kalau dipake tilawah Yassin, 3 halaman cukuplah yaa…da bentar..buat nyiram hati doank! dari pada kering kerontang… hihihihi…

hhmm… tapi… kalo dipikir2.. ga puas juga sih! akhirnya aku mematok waktu untuk tilawah.. berapapun jumlah halamannya, yang penting 15 menit beres! deal? DEAL!

akhirnya aku memulai tilawah.. bismillahirrahmannirrahiim…
eeiittss!! hampir saja lupa! kata mama setiap akan tilawah, disertai doa dulu… bilang ke Allah tilawah ini mau dikirim buat siapa, kemana… yaa..hitung-hitung sebagai hadiahlah buat orang yang disayangi… Lebih bagus lagi kalau tilawahnya dihadiahkan untuk orang tua-orang tua kita yang sudah tiada… Beliau semua disana pasti senang.. karena dapet hadiah Tilawah dari anak atau cucu yang sholeh…

Doa yg selalu aku panjatkan adalah kirim tilawahku ini untuk kakek-kakekku, nenek-nenekku, kakek dan nenek-nenek yang lain baik yang masih hidup maupun yang sudah wafat, kedua orang tuaku, kedua orang tua yang lain. Semoga keberkahan tilawah yang aku lakukan hari ini, bisa dirasakan oleh beliau semua.. Yang sudah wafat, jadi ada penerang di alam kuburnya,, yang masih hidup diberikan kebahagiaan dalam hidupnya, yang sedang bekerja dan melaksanakan amanah, dimudahkan segala urusan dan diterangi setiap langkah hidupnya…aamiin. Lalu mulailah aku tilawah…

Di tengah tilawah… ketika menyelesaikan halaman ke-3, aku melihat jam yang ada di laptop. “Waaa..subhanallah.. baru 6 menit! hhmm.. surah Yassin kan 6 halaman, kalau dilanjutin lagi, bisa nyampe 12 menit,, artinya kurang dari 15 menit! yaa.. mentok-mentok 15 menitlaaahh…” ucapku dengan semangat. Kemudian aku lanjutkan kembali tilawahku.

Alhamdulillah, tilawahku nyampe 13 menit. Subhanallah…. ternyata cuma butuh waktu 15 menit dalam 1 hariku untuk tilawah Surah Yassin! *baru nyadar tea!* Padahal kalau dihitung-hitung, 1 hari aku punya 24 jam.. Sebagian besar dipakai buat ini itu ini itu.. Dan ternyata hanya 15 menit untuk tilawah Yassin!! itu ajah aku ga becus! Astaghfirullah!!

Padahal yah, 15 menit buat buka facebook, buat ngomen twitter ga berasa! kayak ngijepin mata sekali! dan itu mudah sekali dilakukan.. ini, 15 menit doank buat tilawah Surah Yassin, syusehnya naudzubillahi mindzaliik!! padahal keberkahannya bisa nyampe kakek-nenek yang ada di alam kubur! masya Allah….!!!

Huff! karena hitung-hitungan tilawah, aku jadi hitung-hitungan waktu sholat juga. 1 kali sholat paling lama itu 10 menit (tergantung surah pendek apa juga yang dibaca,hehehe) trus nambah rawatib, itupun ga semua sholat..yaa..taruhlah 20 menit buat sholat, lalu dikali 5 hasilnya adalah 100 menit dalam sehari buat ngadep sama Allah. Padahal kan kita hidup hanya untuk beribadah kepada Allah… 100 menit itu juga belum tentu diterima semua sama Allah, karena faktor kurang khusyuklah, thaharahnya ga benerlah, sakit perutlah, dll.

Ya Allah…ternyata untuk jadi hambaMu yang baik ajah susah bener yak! Mau ibadah ajah banyak bener penghalangnya, huhuhu…  Ya Allah, mohon agar ibadahku yang masih biasa-biasa ini tetap diterima olehMu dan jadi pemberat timbangan amalan kebaikanku di Yaumul Hisab kelak,aamiin. Mohon juga agar keberkahan ibadah ini terasa oleh orang-orang yang aku sayangi,aamiin ya rabbal’alamiin….

Author:

Life is adventure, fun and fabulous

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s